Knowledge is Free | We Share To Everywhere

Monday, December 16, 2013

Pengertian Kata Di Blog IDCA


Selamat datang sobat di blog kami, mungkin masih ada beberapa kata / kalimat yang kami tuliskan di blog masih awam ditelinga pengunjung. Jadi, untuk lebih memperjelas kami akan menjabarkan maksud dari kata / kalimat yang mungkin kurang familiar di telinga pengunjung. Oke beberapa kata yang kurang familiar akan kami jabarkan sebagai berikut.


1.     1.    Google Dork
Dimulai dari Dork,  apa sih Dork itu ? semacam makanan atau minuman ? haha bukab bukan, Dork yang kami maksud disini adalah Sebuah keyword yang berfungsi untuk mencari beberapa informasi di mesin pencarian. Untuk lebih spesifik disini kami memanfaatkan beberapa fungsi sebagai berikut :
a.       Intitle / allintitle
Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk mencari informasi yang disaring dari judul web, misalnya : untuk mencari tutorial Exploit Joomla maka anda tinggal menuliskan dimesin pencarian sebagai beriku Intitle:Tutorial Exploit Joomla. Maka akan bertebaran beberawa web yang menampilkan judul tersebut.

b.      Inurl / allinurl
Fungsi ini untuk mencari string pada url . Misalnya kita akan mencari tempat upload suatu website maka tinggal kita ketikan di google sebagai berikut. “inurl:upload/uploads.php” maka akan bermunculan website yang memiliki url “upload/uploads.php”.

c.       Filetype
Fungsi ini digunakan jika kita ingin mencari / ingin mendownload sebuah file. Contohnya kita mencari file Power Point dari makalah Pengembangan Teknologi. Maka anda hanya tinggal mengetikan “Makalah Pengembangan Teknologi filetype:pptx”

d.      Site
Fungsi ini berguna untuk menyaring domain, semisal kita hanya ingin mencari website yang berdomain Indonesia maka tinggal mengetikan “keyword + site:.co.id / site:.web.id”.

e.      Intext
Fungsi ini untuk mencari website yang memiliki kandungan kata/kalimat yang akan kita cari. Semisal untuk mencari cara install windows 7 maka tinggal ketikan di google “intext:cara install windows 7”

Beberapa fungsi diatas bisa untuk digunakan bersamaan supaya hasil pencarian lebih spesifik, contohnya dalam mencari “Sebuah password dan user name” maka ketikan di google sebagai berikut :
“ Inurl:password.log intitle:index of password.txt “
“Intitle:index of + intext: username”


2. 2.      Path dan Localhost
Path adalah folder dimana web tersebut di install sedangkan “localhost” adalah ungkapan untuk suatu website, semisal “localhost/path/wp-content/” maka bias diartikan “namaweb/instalasi/folder/” contoh : http://idca.or.id/wordpress/wp-content.
Bagaimana ? sudah agak faham kan? Nah mungkin itu dulu yang bias kami sampaikan. Jika ada yang kurang jelas silahkan layangkan komentar kalian di artikel ini. Semoga artikel yang kami berikan bermanfaat. Sekian !


Author : Bimo Septiawan

4 comments:

  1. jadi google dork itu sebuah aplikasi untuk mengetahui pasword seseorang gitu ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan buat nyari password aja tapi bisa buat nyari file,vuln site,dan lain lain. Google dork itu kode untuk mencari keyword yg lebih akurat apabila ingin mendapatkan keyword dari domain .id saja gunakan dork ini site:.il

      Maaf kalo ada yg salah

      Delete
  2. Terima kasih banyak informasinya.
    Sangat bermanfaat.
    Salam Sukses !!!

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.